Mahasiswa STIS; Pengalaman Lulus Diterima Tes Masuk STIS/SPMB STIS (Tips Part 1)

Halo, kali ini saya ingin berbagi cerita mengenai perjalanan saya di Politeknik Statistika STIS. Saya adalah mahasiswi Statistik di Politeknik Statistika STIS angkatan 60 (tahun 2018) atau yang telah berubah nama dari STIS dan AIS. Sedikit info di Politeknik Statistika STIS ini ada 3 Prodi yaitu DIII Statistika, DIV Statistika dan DIV Komputasi Statistika. Saat pertama kali kita mendaftar nanti kita akan diminta untuk memilih salah satu dari ketiga prodi ini, perlu diketahui prodi DIII hanya dibuka untuk wilayah-wilayah tertentu dan untuk DIV yang membedakan kedua prodi ini adalah Komputasi Statistik itu lebih memperdalam pada pemrograman tapi bukan berarti nggak belajar statistika ya dan begitu sebaliknya. Setelah diterima nanti untuk DIV pada awal tingkat 3 (semester 5) ada penjurusan lagi, contohnya prodi DIV Statistik penjurusannya itu Statistik Ekonomi dan Statistik Kependudukan, sedangkan untuk prodi DIV Komputasi Statistik penjurusannya itu ada Data Science dan . Sebelum awal perkuliahan tahun ajaran baru yang tingkat 3 ada mekanismenya untuk pemilihan penjurusan ini tergantung kebijakan yang berlaku dari kampus saat itu. 

Politeknik Statistika STIS ini adalah sekolah kedinasan yang berada dibawah nauangan Badan Pusat Statistik RI (BPS RI). Untuk yang sedikit asing dengan BPS RI, BPS RI merupakan Lembaga Pemerintah Nonkementrian yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Sebelumnya, BPS merupakan Biro Pusat Statistik, yang dibentuk berdasarkan UU Nomor 6 Tahun 1960 tentang Sensus dan UU Nomer 7 Tahun 1960 tentang Statistik. Sebagai pengganti kedua UU tersebut ditetapkan UU Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik. Berdasarkan UU ini yang ditindaklanjuti dengan peraturan perundangan dibawahnya, secara formal nama Biro Pusat Statistik diganti menjadi Badan Pusat Statistik (sumber : Informasi Umum Tentang BPS). 

Temen-temen, ada yang pernah didatangi petugas sensus? Sensus merupakan salah satu kegiatan rutin/tugas rutin dari BPS. Oh iya buat teman-teman, JANGAN LUPA ISI SENSUS PENDUDUK ONLINE 2020 dan TERIMA PETUGAS SENSUS yang DATANG KERUMAH ya! Tahun ini Sensus dilaksanakan dengan 3 moda pengumpulan data yaitu CAWI (Computer Aided Web Interviewing): Pengisian informasi kependudukan secara mandiri melalui aplikasi web, CAPI (Computer Assisted Personal Interviewing): Petugas menggunakan kuesioner elektronik dalam gawai (handphone) mereka dalam melakukan wawancara, dan PAPI (Pencil and Paper Interviewing): Petugas menggunakan kuesioner kertas dalam melakukan wawancara kepada responden. Pelaksanaan Sensus Penduduk Online menggunakan moda CAWI, sedangkan pelaksanaan Sensus Penduduk Wawancara menggunakan moda CAPI/PAPI (sumber : https://www.bps.go.id/sp2020/faq/kategori/1 ). Untuk Sensus Penduduk Online sendiri dapat diakses di sensus.bps.go.id sampai dengan 29 Mei 2020 dan Sensus Penduduk Wawancara akan dilaksanakan pada 1 September-30 September 2020.

Perlu untuk diketahui, BPS RI memiliki tugas yaitu Melaksanakan tugas pemerintahan dibidang statistik sesuai peraturan perundang-undangan. Hal ini sesuai dengan Tugas, fungsi dan kewenangan BPS telah ditetapkan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2007 tentang Badan Pusat Statistik dan Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 7 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Pusat Statistik (sumber : bps.go.id). BPS juga memiliki core values/nilai-nilai inti yaitu PIA artinya Profesional, Integritas, dan Amanah.


Pengalaman Tes masuk/UM/SPMBPoliteknik Statistika STIS tahun aku yaitu 2018:
1. Pendaftaran online
2. Ujian Tahap 1 (Ujian Matematika)
3. Ujian Tahap 2 (Seleksi Kompetensi Dasar) : mirip seperti ujian CPNS kalau bisa dibilang
4. Ujian Tahap 3 (Psikotest)
5. Ujian Tahap 4 (Kesehatan) : kalau zaman aku ada test treadmill nya juga
oh iya, website resminya itu spmb.stis.ac.id btw, aku senang ada wajah aku dipajang disitu, ayo tebak aku yang mana? hehe sesenang itu pokoknya buat dijadikan kenang-kenangan yang berharga. Lanjut di postingan berikutnya tentang Pengalaman aku hingga bisa menjadi mahasiswi di Politeknik Statistika STIS ya :) karena bagian ini untuk insight kalian mengenai Politeknik Statistika STIS dan BPS RI.

3 Responses to "Mahasiswa STIS; Pengalaman Lulus Diterima Tes Masuk STIS/SPMB STIS (Tips Part 1)"

  1. Hai kakk, aku mau tanya² boleh minta nama ig kaka kah?'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf banget baru bisa aku balas, ada dibagian kontak ya dek :)

      Delete
  2. Permisi kak mau nanya, nilai yang diinput (matematika) sebagai persyaratan itu yang mana ya? Terima kasih.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel