Cerita Beasiswa Dalam Negeri S1 - Tanoto Foundation Program NCS (Part 1)

Jadi kali ini saya mau cerita sedikit tentang pengalaman saya ikut seleksi National Champion Scholarship Beasiswa Tanoto Foundation 2018. Jadi, jika saya tidak salah ingat pertama kali saya tau beasiswa Tanoto Foundation ini masa-masa awal perkuliahan karena saya berniat agar tidak membebani orang lain. Saya tidak sengaja searching di google tentang Beasiswa jenjang S1 dan muncullah Beasiswa Tanoto Foundation ini. Waktu itu pembukaan pendaftaran sekitar bulan februari.
Perlu diketahui Beasiswa Tanoto Foundation ini sekarang bermitra dengan 12 Perguruan Tinggi dalam melaksanakan program National Champion Scholarship, ini adalah info yang saya ambil dari website Tanoto sendiri (tanotofoundation.org) yaitu : 
  • IPB (Institut Pertanian Bogor)*
  • ITB (Institut Teknologi Bandung)*
  • UI (Universitas Indonesia)*
  • USU (Universitas Sumatera Utara)*
  • UGM (Universitas Gadjah Mada)*
  • UR (Universitas Riau)
  • UNJA (Universitas Jambi)
  • UNMUL (Universitas Mulawarman)
  • UNHAS (Universitas Hasanuddin)*
  • UNAND (Universitas Andalas)
  • UB (Universitas Brawijaya)
  • UNDIP (Universitas Diponegoro)*
       *Program S1 dan S2
Beasiswa Tanoto ini memiliki beberapa tahap yang harus dilalui yaitu :
  1. Seleksi Dokumentasi
Pada tahap ini Tanoto Foundation akan memeriksa kelengkapan administrasi dan dokumen yang diisyaratkan dan melakukan seleksi nilai akademis.
  1. Tes Psikologi
Pelamar yang lolos seleksi tahap pertama akan mengikuti tes psikologi mencakup intelegensia, kemampuan memberikan solusi, mengatasi konflik, mengambil keputusan dan potensi kepemimpinan. Pengujian dilakukan oleh tim konsultan professional.
  1. Wawancara
Merupakan seleksi tahap akhir berupa interaksi langsung antara pelamar Beasiswa dan tim Tanoto Foundation, untuk lebih jauh mengenal karakter dan melihat kekuatan tekat pelamar Beasiswa.

Untuk syarat Beasiswa Tanoto dapat dilihat juga di website tanoto foundation...
Terus, keuntungannya sendiri bagi yang mendapatkan beasiswa dari tanoto ini apa aja sih ??? Ini beberapa keuntungan yang saya ambil dari website tanoto nya.

A. Manfaat Keuangan
  1. Biaya kuliah setiap semester sampai dengan semester VIII (delapan). Uang kuliah akan ditransfer ke rekening Perguruan Tinggi.
  2. Tunjangan bulanan yang ditransfer ke rekening penerima Beasiswa, akan dibayarkan sejak perjanjian penandatanganan Beasiswa.
B. Manfaat Non Keuangan
  1. Program pelatihan kepemimpinan dan pengembangan soft skills (komunikasi, presentasi, pemecahan masalah dan pengambilan keputusan).
  2. Program pengabdian masyarakat melalui Tanoto Scholars Association.
  3. Program pengembangan jejaring, termasuk melalui Tanoto Scholars Gathering.
  4. Program konseling bagi Tanoto Scholars yang mengalami kendala pencapaian akademis
  5. Program magang di perusahaan yang tergabung dalam Group Royal Golden Eagle
    Setelah saya tau ketentuannya saya mulai mempersiapkan semua berkas dan mencoba mendaftar beasiswa ini. Seingat saya waktu itu batas pendaftarannya sampai 28 Februari 2018 untuk pendaftaran tahun 2018 tersebut. Tepat tanggal 14 Februari 2018 saya mendaftarkan diri untuk mengikuti beasiswa ini. Oh iya, tahap 1 itu kita diminta untuk mengisi isian formulir dan mengupload berkas yang diperlukan. Menurut saya, mungkin kalau isian form bagian organisasi bisa ditulis organisasi terbaik yang kalian ikuti, menurut saya komunitas/kegiatan juga gamasalah apalagi kalau sampai tingkat nasional dan mungkin dicantumkan juga kegiatan/organisasi yang berhubungan dengan sosial atau pendidikan manatau bisa jadi nilai tambah, tapi sepertinya penilaiannya bukan organisasi saja mungkin karena isian formnya lumayan banyak yang ditanya dan akan menjadi pertimbangan (ini hanya opini saya). Seingat saya isiannya seputar pribadi, upload ip, dan berkas pendukunga lainnya yang diminta.. Setelah submit isian form tanoto saya mencoba tenang untuk menunggu hasil pengumumannya nanti. Jangan lupa selalu pastikan melalui website tanoto (tanotofoundation.org) untuk tau info lebih jelasnya.... Cerita ini akan berlanjut ke Part 2.

    Semoga bermanfaat :) Boleh tinggalkan komentar kalian atau hubungi kontak jika ada yang kurang jelas atau ingin ditanyakan. Jika kalian ingin mengetahui pengalaman saya pada Beasiswa Tanoto Foundation dalam National Champion Scholarship dan Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE) juga bisa dilihat pada blog ini.

    |Sekian|

    0 Response to "Cerita Beasiswa Dalam Negeri S1 - Tanoto Foundation Program NCS (Part 1)"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel