Cerita Beasiswa Dalam Negeri S1 - Tanoto Foundation Program NCS (Part 2)

Pengumuman seleksi tahap 1 yaitu seleksi berkas. Waktu itu, saya mengetahui pengumuman tahap 1 tanoto ini ketika di kampus tiba-tiba salah satu teman saya memberi saya selamat... Jujur saya bingung ucapan selamat untuk apa... Teman saya waktu itu juga sempat bingung karena saya ternyata belum tau pengumuman seleksi tahap 1 berkas tanoto foundation. Akhirnya teman saya menjelaskan kalau saya lulus tahap 1 seleksi berkas, waktu itu yang lulus dari Teknik Industri USU ada 3 orang  dan tiap angkatan ada satu orang. Oh iya angkatannya itu ada angkatan 2015,2016, dan 2017 (saya).


Setelah saya dinyatakan lulus tahap 1 yaitu seleksi berkas, ada pengumuman untuk mempersiapkan diri dan beberapa berkas untuk seleksi tahap 2 beasiswa Tanoto ini yaitu Psikologi. Oh iya, berkas-berkas yang dipersiapkan adalah sebagai berikut pada tahun 2018, bisa dicek dilink berikut https://www.tanotofoundation.org/education/id/2018/04/pengumuman-panggilan-peserta-tes-psikologi-seleksi-calon-penerima-national-champion-scholarship-tanoto-foundation-2018/ ) :

A. KETENTUAN MENGIKUTI TES PSIKOLOGI:
  1. Membawa seluruh dokumen-dokumen pendukung (lampiran) yang disebutkan dalam bagian B dibawah ini.
  2. Hadir di  ruangan yang telah ditentukan selambat-lambatnya 15 (lima belas) menit sebelum tes psikologi dimulai.
  3. Membawa pensil 2B dan HB,  Kartu Tanda Mahasiswa, dan mengenakan jaket almamater
  4. Membawa papan alas untuk kegiatan tulis menulis dalam tes psikologi.
  5. Tes psikologi akan berlangsung dari pukul 08.00 s.d. 16.30. Keterlambatan kehadiran akan menyebabkan gugurnya kepesertaan dalam tes psikologi.
  6. Wajib mengikuti seluruh tahapan tes psikologi yang terdiri dari tes tertulis dan dinamika kelompok.
  7. Wajib mengikuti tes psikologi di perguruan tinggi masing-masing peserta sesuai dengan jadwal terlampir.
  8. Tidak ada tes psikologi susulan bagi peserta dan ketidakhadiran peserta dalam salah satu atau keseluruhan tahapan tes psikologi dianggap sebagai pengunduran diri dari proses seleksi beasiswa.
B. DAFTAR DOKUMEN PENDUKUNG YANG HARUS DISERAHKAN SAAT TES PSIKOLOGI
a) Dokumen Umum
  1. Foto berwarna terakhir ukuran 3×4 (1 lembar)
  2. Fotocopy Kartu Tanda Mahasiswa (1 lembar)
  3. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (1 lembar)
  4. Fotocopy akte kelahiran sebanyak (1 lembar)
  5. Fotocopy kartu keluarga sebanyak (1 lembar)
b) Dokumen Khusus
PROGRAM S1
  1. Fotocopy rapor SMA/SMK/MA kelas III (XII) yang sudah dilegalisir sebanyak 1 lembar dan transkrip IP semester terakhir, khusus bagi pendaftar yang menggunakan nilai rapor.
  2. Fotocopy transkrip nilai akademik terakhir yang sudah dilegalisir sebanyak 1 lembar, khusus bagi pendaftar yang menggunakan nilai IPK.
  3. Slip gaji terakhir atau surat keterangan penghasilan orang tua (ayah dan ibu).
  4. Surat keterangan dari Direktorat Kemahasiswaan atau Lembaga Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi
  5. Essay yang mengekspresikan pemikiran calon penerima beasiswa, yang sekaligus akan menjadi pertimbangan mengapa Tanoto Foundation harus memilih yang bersangkutan menjadi penerima beasiswa National Champion Scholarship (paling banyak 500 kata).

PROGRAM S2
  1. Fotocopy transkrip nilai akademik Program S1 yang sudah dilegalisir sebanyak 1 lembar, khusus bagi pendaftar yang mempergunakan nilai IPK dari program S1.
  2. Fotocopy transkrip nilai akademik terakhir yang sudah dilegalisir sebanyak 1 lembar, khusus bagi pendaftar mempergunakan nilai IPK dari program S2.
  3. Surat Keterangan dari tempat bekerja yang menyatakan bahwa pendaftar berpengalaman kerja sedikitnya dua (2) tahun di tempat tersebut.
  4. Surat referensi dari pembimbing akademik.
  5. Essay yang mengekspresikan pemikiran calon penerima beasiswa, yang sekaligus akan menjadi pertimbangan mengapa Tanoto Foundation harus memilih yang bersangkutan menjadi penerima National Champion Scholarship (paling banyak 500 kata).
Puji Tuhan dalam menyiapkan berkas-berkasnya juga seperti dilancarkan, jadi semuanya tersedia dan terkumpul dengan baik hehehe. Saya jujur tidak ada persiapan yang banget-banget buat tes psikologinya, karena menurut saya selama saya masih dalam keadaan normal berarti gaada masalah dong dengan diri saya. Akhirnya hari untuk tes psikologi pun tiba, saya juga ngerjain tes psikologi dengan berusaha tenang dan seingat saya dapat tempat duduk nomor 2 didepan. Tes psikologinya waktu itu dibuka dengan pembukaan dari Tanoto dan setelah itu mengerjakan soal-soal yang diberikan, dan kalau saya nggak salah ingat lembaga tesnya itu dari UGM. Tes psikologinya itu seperti tes psikologi pada umumnya ada tes koran, warteg tes, gambar-gambar, tes bacaan, dan sebagainya. Tesnya itu memakan waktu 4 jam berturut-turut, oh iya setelah tes psikologi dilanjut dengan FGD. Ada salah satu soal psikologinya nanti yang berhubungan dengan FGD nanti. Tahap FGD ini kita seperti diskusi biasa, saran kalau bisa tetap pertahankan pernyataan atau usulan kalian yang ditulis di tes psikologi sebelumnya (tapi jangan terlalu ambisi dan ngotot juga ya karena gerak gerik kita direkam dan ada pengamatnya juga). Entah kenapa menurut saya itu akan berpengaruh, kalau pernyataan atau usulan ditolak, yaudah tinggal banyak-banyak berdoa untuk hasilnya, toh sudah memberikan dan berusaha yang terbaik. Kalau boleh jujur nih, awal takut sih buat FGD karena saya baru pertama kali mengalaminya, tapi untungnya ini juga dilancarkan dan tes tahap 2 seleksi beasiswa tanoto 2018 pun selesai...

Semoga bermanfaat :) Boleh tinggalkan komentar kalian atau hubungi kontak jika ada yang kurang jelas atau ingin ditanyakan. Jika kalian ingin mengetahui pengalaman saya pada Beasiswa Tanoto Foundation dalam National Champion Scholarship dan Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE) juga bisa dilihat pada blog ini.

|Sekian|

2 Responses to "Cerita Beasiswa Dalam Negeri S1 - Tanoto Foundation Program NCS (Part 2)"

  1. Keren banget kakakk, Semoga juga Tuhan kasih saya kesempatan lewat beasiswa ini..

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel