Cerita Beasiswa Dalam Negeri S1 - Karya Salemba Empat (KSE)

Holaaa... kali ini saya mau berbagi sedikit pengalaman saya saat ikut seleksi beasiswa Karya Salemba Empat (KSE) 2018/2019

Jadi awal saya daftar KSE, saya masih dalam rangkaian seleksi Beasiswa Tanoto. Waktu itu saya dapat info kalau ada pembukaan beaiswa KSE, setelah dapat info mengenai KSE, saya langsung niatkan diri untuk mengikuti rangkaian seleksinya karena menurut saya ini adalah kesempatan. Pendaftaran beasiswa ini sendiri waktu itu dari tanggal 3-6 April 2018, berikut info linknya https://kse.or.id/info_and_news/information/Pembukaan-Beasiswa-Baru-Tahun-Akademik-2018-2019

Sedikit cerita, jadi nanti diminta untuk mengisi seluruh data dan upload seluruh dokumen di web beasiswa.or.id, untuk yang bingung tata cara pengisiannya dapat dilihat https://kse.or.id/info_and_news/information/Tata-Cara-Registrasi-Online-KSE
Tahapannya itu adalah pengisian berkas online, kemudian pengumpulan berkas, dan wawancara. Waktu daftar di web beasiswa jangan lupa untuk catat dan hapal id dan password ketika mendaftar.

Untuk mahasiswa/i USU bisa pantau ig : paguyubankseusu untuk info dan pengumuman lebih jelasnya. Pengisian berkas onlinenya ini akan dimintai data seperti data pribadi, data keluarga, data keuangan, rekening listrik, pengalaman organisasi dan prestasi, essay, usaha/kegiatan yang dilakukan saat ini, dll. Nah, untuk essay yang harus dipersiapkan?
1. Essay "Mengapa anda layak menerima beasiswa KSE"
2. Essay "Rencana Penggunaan Beasiswa"
3. Essay "Alasan khusus apply beasiswa KSE"
4. Essay "Visi jangka panjang kuliah"
5. Essay "Pilihan pengembangan diri"
6. Essay "Alasan kebutuhan beasiswa"
7. Essay "Tujuan Hidup"
8. Essay "Alasan memilih jurusan"
Kalau boleh saran, ke-8 essay itu bisa termuat kira-kira dalam maksimal 2 halaman kertas A4 pada ms.word. Jadi jangan terlalu banyak dan terlalu sedikit, disesuaikan saja. Harap diperhatikan untuk sungguh-sungguh menulis essay ini, karena menurut saya (hanya opini) kesungguhan seorang aplikan akan terlihat dari jawaban dan alasan-alasan yang diberikan. Jangan lupa untuk revisi dan perbaiki kalimat dan kata agar tidak ada yang typo, terbaca selaras, dan terkesan menarik. Kalau saya pribadi, terkadang dalam tulisan atau essay saya menggunakan kalimat bersifat majas atau kata ganti yang bermakna sama agar lebih terkesan indah dan menarik, tetapi untuk hal ini jangan terlalu banyak juga ya dan hanya seperlunya saja.

Setelah mengisi dan mendaftar secara online, kita diminta untuk menunggu pengumuman secara online. Puji Tuhan nama saya ada.



Oh iya sebelum wawancara kita diminta untuk mengumpulkan berkas hardcopy. Kalau waktu saya di USU, para aplikan diminta mengumpulkan berkas sampai tanggal 3 Juli 2018. Jadi, ada kakak KSE USU yang menunggu di Perpus untuk pengumpulan berkasnya, semua berkasnya nanti dimasukkan kedalam amplop coklat dan dibagian depan ditempel identitas diri dan id kita, seingat saya.

Jangan sampai ada yang ketinggalan ataupun lupa dimasukkan, zaman saya ini berkas-berkasnya:
1. Pas Photo (Ukuran 4 x 6 dan 3R Sesuai Regol)
2. Fotokopi KTP
3. Fotokopi KTM
4. Fotokopi transkrip nilai atau khs
5. Fotokopi kartu keluarga
6. Surat rekomendasi dari fakultas
7. Print out data registrasi online
Seluruh berkas dibuat dalam kertas A4, ya !

Setelah menyerahkan seluruh berkasnya, jangan lupa untuk persiapkan diri kamu sebaik-baiknya dalam wawancara nanti. Saya wawancara itu tanggal 5 Juli 2018 dan sedikit saran (ini yang selalu saya lakukan setiap kali akan wawancara) untuk membaca essay yang ditulis walaupun hanya sekedar atau sebentar untuk mengingat kembali apa yang telah kalian tulis dan jangan lupa untuk mencoba tenang dalam menjalani wawancaranya. Waktu itu saya wawancaranya di LPPM USU jam 7 pagi. Saat itu saya kebagian diwawancarai secara satu-satu oleh seorang pria (wawancara ini yang saya lihat ada yang satu-satu, ada yang tiga aplikan dan tiga pewawancara sekaligus masuk tapi tetap satu orang satu), yang saya ingat saya mendapat pertanyaan seputar pribadi, perkenalan, motivasi, tau beasiswa ini darimana, seputar jurusan saya, rencana setelah lulus kuliah, seberapa yakin kamu dapat beasiswa ini, mau jadi ketua KSE atau nggak, kamu melihat dirimu dalam 5 dan 10 tahun kedepan, apa yang membedakan kamu dari aplikan lainnya, mengenai KSE. 


Sedikit saran saat menjawab buat agar si pewawancara itu penasaran dengan jawaban-jawaban kamu, bawa santai seperti ngobrol sama teman tetapi tetap dengan formal, dan yakin kalau kamu adalah orang yang tepat. YAKIN!!! YAKIN!!! karena setau saya KSE ini nanti ada organisasinya juga. Buat mereka yakin kalau kamu adalah orang yang tepat, oh iya kalau boleh dalam menjawab pertanyaan jangan terlalu keliatan/kelamaan berpikir agar kamu tidak terkesan orang yang menyiapkan jawaban terlebih dulu (opini saya hehehe). Puji Tuhan waktu aku wawancara si pewawancaranya terlihat memberikan respon yang positif walaupun si pewawancara menutup dengan berkata "Kalau kamu lolos nanti, selamat ya... tetapi kalau kamu belum terpilih jangan berkecil hati ya", tapi aku tetap berserah karena yang daftar buanyakkk dan yang diwawancarai juga saya lihat banyak, syukur-syukur saya sudah sampai tahap ini. Saya mencoba mengambil positifnya jika belum lolos, setidaknya saya sudah terlatih dalam mempersiapkan diri untuk wawancara.

Tanggal menunjukkan 5 September 2018 dan saya menemukan info mengenai pengumuman final KSE USU,  Saat pengumuan beasiswa saya sudah berada dikampus baru bukan di USU hehehe. Jujur saya membuka pengumuman gemetar padahal udah di kampus baru tetap aja gemetar ya hehehe.... Terutama pas bacanya ada nama saya disitu, luar biasa gemetarnya. Bersyukur banget walau saya sekarang memulai perjuangan yang baru tetapi Tuhan memberi perjuangan saya sebelumnya terbayar dengan tidak sia-sia dan memberi banyak pelajaran yang bisa didapat



Oh iya,jangan lupa untuk pantau terus web nya untuk info pendaftaran dan lebih lanjut di kse.or.id dan beasiswa.or.id

Semoga bermanfaat :) Boleh tinggalkan komentar kalian atau hubungi kontak jika ada yang kurang jelas atau ingin ditanyakan. Jika kalian ingin mengetahui pengalaman saya pada Beasiswa Tanoto Foundation dalam National Champion Scholarship juga bisa dilihat pada blog ini.

|Sekian|

23 Responses to "Cerita Beasiswa Dalam Negeri S1 - Karya Salemba Empat (KSE)"

  1. Replies
    1. Sama-sama, semoga membantu :) SEMANGAT!

      Delete
  2. Halo kak, aku tahun ini juga berminat untuk daftar beasiswa kse. Setelah aku baca blog kakak yang berisi banyak pengalaman kakak mengenai seleksi beasiswa, aku sangat takjub dan berharap agar aku dapat berkonsultasi ke kakak. Apakah boleh kak?

    ReplyDelete
  3. Mau tanya kk, sewaktu kk daftar semester berapa ya? Dari kampus ku, tahun lalu, anak² yg smester 2 tidak ada yg lolos satu pun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, aku daftar waktu awal2 semester 2 di teknik

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Halo kak, aku mau coba tahun ini kak, setelah lihat pengalaman kkk aku ingin konsul ke kakak, boleh bagi email atau kontak kakka? Terimakasih kak.

    ReplyDelete
  6. kak, mau nanya.. bagaimana beasiswa seteleh kakak pindah? kakak bergabung dalam paguyuban KSE USU atau bagaimana?

    selamat kakak... atas keterimanya di STIS dan beasiswa KSE.. hebaaaat. luar biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, terimakasih ya. Setelah aku pindah aku mengajukan pengunduran diri dari penerima beasiswanya dan nggak bergabung dalam paguyuban KSE karena udah dikampus baru.

      Delete
    2. Kak jika lulus, maka kita waji masuk paguyuban KSE kak?
      Dan apakah kita wajib mengikuti seluruh kegiatan yang disuruh oleh pihak pemberi beasiswa kak?

      Delete
    3. Maaf dek aku kurang tau soal itu, aku lulus penerima beasiswa nya tapi aku ga ttd kontrak dan mengundurkan diri dari penerima beasiswa karena aku ditrima di kedinasan STIS juga waktu itu dek, atas berbagai pertimbangan dan saran keluarga akhirnya aku ambil yang STIS dek

      Delete
  7. Kak mau tanya kak syarat essay kita itu gimna kak apakah panjang atau biasa aja asal jelas runtut dll?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku jawab berdasar pengalaman aku y, lebih baik sistematika dipake, kalo waktu itu aku cman 2 halaman di word, nah iy jelas runtut. ini berdasar opini aku aj y karna gtau penilaian panitia seperti apa, yg daftar kan banyak kalo harus seleksi banyak esai dengan panjangnya yg beda2 coba bayangkan(?) klo menurutku to the point ajasi biar pesan ato maksud yg kalian tinggalkan itu tersampaikan, tpi ini bukan jadi patokan y temen2 hehe

      Delete
  8. Wah sama2 usu kak kita :D
    Makasih ya kak info2nya hehe

    ReplyDelete
  9. Kak jika lulus, maka kita wajib masuk paguyuban KSE kak?
    Dan apakah kita wajib mengikuti seluruh kegiatan yang disuruh oleh pihak pemberi beasiswa kak?

    ReplyDelete
  10. kak mo nanya, buat essay maksudnya kedelapan essay itu kalo diganung harus muat dalam 2 halaman kertas hvs ya?

    ReplyDelete
  11. Halo, kalo waktu itu aku disarankannya begitu saat tanya, mungkin agar terkesan to the point sepertinya tapi ini jangan kamu jadikan patokan y, hanya saran saja

    ReplyDelete
  12. hai kak... salam saya dari anak UNIMED.
    Terimakasih udh ngebagiin info ttg beasiswa KSE, doain ya kak semoga tahun ini aku juga punya kesempatan lolos beasiswa KSE seperti kakak.
    semangat terus kuliahnya kak

    ReplyDelete
  13. hai kak febri..terimakasih atas cerita pengalaman dan tips nya.. semoga saya bisajadi bagian dari beswan tan ini .aamiin...

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel